Detail Aspirasi

01 Mar 2013

Keluhan tentang pelayanan Puskesmas di Kelurahan Palmerah

Saya Wanda Griya Pudhagwangi (22), dan ibu saya Suryani (55) mewakili
warga Kelurahan Palmerah,Jakarta Barat, Ingin melaporkan kejadian yang terjadi selama kami berobat di Puskesmas tersebut. Kami mempunyai keluhan tentang Puskesmas tersebut, termasuk seluruh warga sekitar. Keluhannya mengenai pelayanan yang kami dapatkan, awalnya puskesmas tersebut buka pada pkl. 08.00-11.00 pagi.. Apakah memang jam kerja/pelayanan puskesmas hanya sampai pukul 11 siang,pak? Kami datang pkl. 10.30,,namun loket seringkali tutup atau buka namun tidak mau menerima pasien. Selanjutnya mereka membuat peraturan sendiri pada tgl 16 November 2012, yaitu dengan membuat jam pelayanan hanya sampai pkl. 08.30 pagi. Namun, setelah lewat jam tersebut ada seorang bapak yg datang dgn membawa anaknya yg sakit parah utk berobat,,tapi pihak puskesmas menolak mentah-mentah pasien tersebut hingga akhirnya pasien tersebut menggebrak meja loket tersebut sambil berkata "kalau saya mampu, saya tidak akan berobat disini.!!! Anak saya sakit parah,mbak..!!!!!!!!!",
dia berkata kepada penjaga loket tersebut. Dan karena meilhat bpk tersebut emosi, akhirnya pihak puskesmas menerima pasien tersebut. Apakah itu merupakan bagian pelayanan terbaik yg diberikan utk rakyat,pak Basuki?? Selain bapak tersebut di atas, masih banyak lagi pasien yg ditolak mentah-mentah karena mereka datang lewat dari JAM 08.30. Kemudian kurang lebih seminggu kemudian kami datang kembali utk berobat dan mengecek pelayanan puskesmas tersebut. Ternyata sama sekali tidak ada perubahan, bahkan pihak puskesmas (ibu iin) semakin menjadi-jadi dengan membuat peraturan baru yaitu PEMBATASAN PASIEN HANYA SAMPAI 60 ORANG, WALAUPUN MASIH JAM 9 TAPI TELAH 60 ORANG,,PUSKESMAS TIDAK MAU MENERIMA PASIEN LAGI. (ibu iin itu berciri-ciri badan agak gemuk, pendek, berambut keriting,
berkacamata, dan berasal dari Ambon/Maluku). Alasannya, karena mereka harus membuat laporan-laporan tentang peggunaan obat,dll kepada pihak pemerintah. Apakah memang seperti itu PERATURANNYA,pak?? Bukan hanya kami yang mengeluh, namun hampir semua pasien mengeluh mengenai pelayanan puskesmas tersebut. Kami mengirimkan email ini sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk pemda DKI dan Kemenkes agar bisa meningkatkan kinerja para PNS di bidang kesehatan. Silakan pihak yg berwenang untuk menyelidiki kebenaran dari informasi yg kami kirimkan ini.

Sumber :  Wanda Cullen <[email dirahasiakan]>