Detail Aspirasi

02 Jul 2013

Pengaduan KJS

Selamat pagi bapak. Sebelumnya saya mohon maaf jika keluhan saya ada yg tidak berkenan.
Saya mengeluhkan tentang program kjs. Menurut saya program tersebut sangat baik bila tepat sasaran benar benar warga miskin dan kurang mampu.
Slama ini yg terjadi tidak demikian. Kebetulan saya slalu berhadapan dengan pasien kjs. Kebanyakan menurut saya pasien kjs itu dari keluarga mampu. Ada yang diantar dengan mobil. Ada yang sibuk bbman dan main tablet saat diperiksa. Ada yang meminta dirawat di ruang vip. Ada yang punya kerja dan berpenghasilan tetap. Pasien seperti ini kan tidak tepat sasaran. Nanti klo kami dari pihak rs tidak melayani dengan baik. Mereka marah dan menyalahkan pihak rs. Ya menurut saya. Kami tenaga medis mempunyai tanggung jawab besar, resiko tertular penyakit juga cukup besar. Sudah sewajarnya kami mendapatkan hak kami sesuai dengan tanggung jawab dan resiko kami yang besar itu.
Nah klo seluruh warga jakarta menggunakan kjs. Padahal mereka tergolong dari keluarga mampu. Kami merasa hak kami sebagai tenaga medis tidak diberikan hak yang sebanding dengan resiko dan tanggung jawab kami tersebut.
Selain itu pula. Tidak semua obatan obatan ditanggung dalam program kjs. Nanti ada beberapa obat yang harus dibeli, namun keluarga tidak mau membeli. Malah marah dehgan alasan rumah sakit tidak mau memberikan pelayanan terbaik. Kami sebagai pelayan medis menjadi serba salah.
Mohon evaluasi yang lebih teliti. Saya sangat mendukung program kjs untuk meningkatkan kesejahteran. Namun impian saya sebagai pelayan medis  kjs tepat guna dan tepat sasaran serta juga memperhatikan dari segi kami sebagai pelayan medis yang berada di garda terdepan yang menghadapi segala resiko. Serta mengemban tanggung jawab tinggi. Lalu harapan saya kjs jangan di politisasi.
Terima kasih atas perhatian bapak.

Sumber :  Muhammad Fauzi <[email dirahasiakan]>