Detail Aspirasi

23 Sep 2013

Pemahaman Tiket APTB

 
Ada hal yang mau saya sampaikan, terkait tiket aptb. 
 
MASALAH: 
"Setiap kali (setiap sore pulang kerja) saya naik aptb, selalu saja di dalam aptb yang saya naiki ada orang-orang yang salah naik mobil"
 
awalnya saya dan teman saya menjadi korban salah tiket. jadi prosedurnya seperti ini pak: 
1. beli tiket di loket
2. naik aptb dan ketika sudah berjalan, tiket diminta.
3. tiket salah dan penumpang harus membayar lagi di dalam: Rp8000 atau Rp 9000
 
Saya gerah karena setiap hari ini terjadi, saya kasihan dengan orang--orang yang menjadi 'korban' karena harus membayar lagi. Jadi, sebenarnya ada 2 jalur pak, dan masing2 tiketnya berbeda.
 
SARAN: 
1. tempelkan tulisan di loket terkait informasi ini, dan setiap kali ada penumpang aptb yang mau membeli tiket agar disuruh baca dulu.
 
atau solusi yang lebih mudah: 
2. tolong banget agar si kenek aptb periksa dulu tiket sebelum masuk, karena penumpang aptb tidak pernah sesak pak, banyak waktu untuk scanning tiket, cukup ditunjukkan. --> Nah jika ini sudah menjadi aturan resmi, penumpang tidak lagi salah jika dia salah naik bus, artinya, tidak perlu membayar lagi, salah si kenek tidak periksa ketika penumpang naik.
 
3. jika memang penumpang salah, setelah diperiksa, turunkan saja di halte berikutnya tanpa merobek dan tidak perlu bayar. --> ada kenek tua yang melakukan ini, selain itu selalu dengan sombongnya kenek2 ini berkata: "anda salah beli, ya mau gak mau bayar lagi"
 
atau solusi 'tidak ada yang salah naik' :
4. buat mekanisme kerjasama antara 2 jalur itu (mayasari dan ppd) terkait kesalahan naik, sehingga ongkos tetap pada akhirnya sampai ke bus yang digunakan, bukan tipe tiket. 
 
semoga ini dipertegas pak, karena sudah masuk minggu ketiga saya menggunakan aptb, dan kejadian itu berulang setiap hari, dan nyaris selalu lebih dari satu korban salah tiket di dalam bus saya. bagaimana kalau dikalikan jumlah bus? artinya banyak sekali korban pak. 
 
*menurut saya dari semua pilihan itu yang terbaik adalah nomor 2 atau 3. sebab, kalau ini selalu terjadi, berarti mekanisme lah yang tidak melayani. 
 
selamat bekerja pak. Tuhan memberkati

joy friady