Aspirasi dalam Kanal Email Jakarta.go.id

  • Sulitnya Mengurus eKTP di DukCaPil Jakarta Barat
  • Dear Perwakilan Pemerintah DKI Jakarta,

     

    Nama saya Anton Junior. Saya adalah warga DKI Jakarta yang lahir, dibesarkan, dan sampai saat ini tinggal di Jakarta. Saya sudah mengikuti aturan dan mendaftarkan diri saya secara sah sebagai penduduk serta mendapatkan KTP pada umur yang sepantasnya. Saya juga sudah mendaftar untuk E-KTP melalui kantor kelurahan Kalideres sejak tahun 2011, namun pembuatan E-KTP saya tidak pernah diselesaikan tanpa alasan yang jelas, sampai pada bulan lalu tahun ini (Agustus 2016) ketika saya menanyakan hal tersebut lagi, saya diminta untuk mendaftar ulang lagi oleh pihak Kelurahan Kalideres. Saya mengikuti prosedur yang diminta pihak Kelurahan Kalideres, namun kemudian diminta untuk pergi ke Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat yang berlokasi di Meruya Utara untuk validasi data. Untuk datang ke Kantor Sudin Capil tersebut saya harus meminta izin dari kantor, namun saya tetap mengikuti prosedur tersebut tanpa adanya prasangka buruk. Setelah mengurus validasi yang diminta, saya kembali ke Kelurahan Kalideres beberapa hari kemudian (hari ini) untuk melanjutkan proses pembuatan E-KTP. Setelah menunggu empat jam, saya diberitahukan bahwa data saya terduplikasi dan harus kembali lagi ke Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat.

     

    Saya tidak tahu apakah kesulitan yang saya hadapi ini disengaja oleh para petugas Kelurahan/Catatan Sipil atau hanya sebuah keteledoran mereka. Namun, saya rasa Bapak/Ibu dapat mengerti seberapa merepotkan bahwa saya harus bolak-balik Kalideres-Meruya dengan membawa dokumen-dokumen dan mengisi lagi formulir-formulir, serta tidak lupa bahwa saya harus terus menerus izin dari kantor. Padahal, pembuatan E-KTP ini adalah inisiatif baik saya untuk membantu kesuksesan program pemerintah, namun saya diperlakukan seperti ini.

     

    Saya mengirimkan surat elektronik ini dengan harapan Bapak/Ibu dapat membantu saya dan juga karena saya percaya bahwa dalam jajaran Pemerintahan DKI Jakarta masih ada orang yang mau mendengar keluhan saya.

     

    Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

  • Pelayanan eKTP Yang Buruk
  • Masalah 1. E-KTP Duplicate Record dimulai pada awal proses pembuatan e-ktp diluncurkan, SUDIN sudah mengajukan penghapusan, tapi di Rejected dengan DDN dan tidak memberikan keterangan atas kenapa terjadi perejectan dari DDN atas permasalahan duplicate record, dan dari pak agus staff SUDIN Rawamangun Jakarta Timur tidak diberikan keterangan atas perejectan dari DDN, saya sudah mengajukan pertanggal 31 Agustus 2016 kemarin dan beliau menjanjikan atas dasar SOP SUDIN kurang lebih 2 minggu, tapi sampai ini tidak ada jawaban yang pasti dari pak agus staff SUDIN Jakarta Timur, Rawamangun dari hasil chatingan dan bolak balik saya ke SUDIN Rawamangun, Jakarta Timur.

    Masalah 2. Sebagai warga DKI Jakarta atas kejadian seperti ini saya harus bagaimana pak, saya sudah menanyakan untuk dapat EKTP saya, tp dari Staff sudin tidak membalas whatsapp saya dan mengabaikan begitu saja atas permasalahan ini, apa saya harus ketempat DDN, kembali lagi ke SUDIN atau kemana? karena sampai saat ini saya belum ada kejelasan harus kemana atas permasalahan ini?, karena semua berkas2 surat pengantar dari RT,RW beserta foto copy EKTP sudah diberikan ke pak Agus staff SUDIN Rawamangun, Jakarta Timur. Mohon Mohon bantuan dan pertolongannya atas kejadian ini.

  • Mohon Informasi Terkait eKTP
  • Selamat pagi Bpk/Ibu Pemprov DKI.
    Saya Vionna, berdomisili di Kel. Menteng Atas Kec. Setiabudi. Pagi ini saya ke Kelurahan bermaksud ingin mengganti E-KTP saya yang lama ke E-KTP baru (seumur hidup). Setelah petugas Kelurahan melihat masa berlaku KTP sampai 2017, petugas mengatakan bahwa saya belum perlu menggantinya dengan yang seumur hidup. Petugas menyarankan utk datang kembali 1 bulan sebelum masa berlaku yang tertera pada E-KTP saya.
    Apakah benar demikian? Mohon bantuan dari Bpk/Ibu mengenai hal ini. Terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalam, Vionna.
  • Dampak Dari Ujicoba Lalu Lintas di Jalan Proklamasi
  • Dear DISHUB DKI & Pemda DKI

     

    Apakah Ujicoba Rekayasa Lalulintas jalan Proklamasi dua arah menuju Matraman dan jalan Tambak masih berlaku? (Resminya 23-28 Mei 2016)

     

    Sampai saat ini (14/9) di lapangan masih berlaku, tanpa petugas DISHUB

    (pada saat ujicoba ada petugas DISHUB).

     

    Akibatnya setiap jam 18:00 lampu merah Tambak-Matraman TERKUCI (normalnya dari arah matraman ke proklamasi dan dari arah tambak ke matraman) sekarang ditambah dari arah proklamasi ke arah Tambak.

     

    Mohon ketegasan pihak terkait, kalau masih berlaku harus ada petugas, kalau sudah tidak berlaku harap di sampaikan ke masyarakat dan petugas ada di lapangan.

     

    Terima kasih.

    Dan Sasutya Adi

  • Proses eKTP Yang Lambat
  • Selamat siang, nama saya Rihky Star Maruli, penduduk Jakarta. Saya ingin mengadukan:
    Saya mengurus KTPel dan saya berhasil mendapat surat keterangan sementara penganti KTPel dan dijanjikan mendapat KTPel baru
    Namun ketika Ibu saya mengurus KTPel, Ibu saya tidak mendapat surat serupa
    Padahal saya dan ibu saya mendaftarkan ektp pada hari yang sama dengan proses kerja input data yang sama.
    Apa bisa dijelaskan maksud nya?
    Terima kasih.

  • Perubahan Alamat di eKTP
  • untuk perubahan alamat di E-KTP berupa perubahan RT tetapi masih dalam satu RW syarat apa saja yang di butuhkan ? trima kasih
  • KTP Belum Jadi Alasan Blanko Habis Terus
  • Saya pindah alamat sudah 2 bulan lebih belom juga jadi,alasan ya katanya belangkonya kosong gemana ya,saya lagi butuh ktp buat perpanjang STNK Motor,gara2 gax ada ktp jadi telat saya bayar pajak ya --- Krt Dr rajiman widyionigrat kp pedurenan rt05/06 kel rawa teratai,cakung jakarta timu
  • Macet di Depan Terminal Perumnas Klender
  • Yang tergormat pemprov DKI,  mohon vantuan nya : Di depan terminal Prumnas Klender MACET. hala ini teejadi setiap pagi. Terutama di hari besar!!! 

    Petugas Perhubungan setiap hari tidak ada v"  di lokasi,  kalau ada juga CUEK bebek,  tolong di tertib kan dahuli petugas nua pak,  biar disiplin dulu,  baru kendaraan angkot nya yg di buat disiplin sehingga di depan terminal prumnas klender tidak semrawut,  Terima kasih, semoga secepat nya di Tindak lanjuti